Rumah Nyaman Harus Aman, Ini Pointnya!

by - October 07, 2024

 



Kalau ditanya seperti apa rumah yang nyaman, kebanyakan orang akan menjawab rumah milik sendiri yang memiliki desain interior yang sesuai dengan impian. Bahkan ada juga yang dengan detail menggambarkan rumah dengan halaman yang asri, memiliki kolam ikan koi, dan pohon cemara yang rindang. Begitupun dengan saya yang jika ditanya rumah yang nyaman versi saya, saya ingin rumah yang memiliki desain kontemporer, perpaduan klasik dan modern.

Namun, ternyata rumah nyaman tidak cukup hanya terlihat apik dan terasa nyaman karena desainnya yang sedap dipandang mata, karena senang berada di dalamnya. Ada aspek lain yang tidak boleh dilupakan sama sekali, bahkan wajib diperhatikan, yakni: KEAMANANNYA, salah satunya instalasi listrik yang berada di dalamnya. Sebab 80% penyebab kebakaran rumah adalah instalasi listrik yang buruk. OMG!

Innovation Talk: Rumah Nyaman Listrik Aman

Tanda-Tanda Listrik Tidak Aman di Rumah

Serius, sebagai ibu rumah  tangga dan pekerja lepas yang banyak berada di rumah, saya hanya sibuk fokus bahwa rumah yang nyaman adalah yang tertata apik dan bersih. Saya tidak pernah berpikir bahwa rumah yang nyaman harus aman, salah satunya adalah kondisi listrik di rumah yang baik-baik saja. Saya benar-benar tidak memahami seperti apa listrik yang baik-baik saja. Bahkan percikan api ketika mencolok steker ke stop kontak itu saya pikir hal biasa, ternyata ini salah satu tanda listik tidak baik-baik saja.

Hal itu saya ketahui ketika hadir dalam  Innovation Talk: Rumah Nyaman Listrik Aman bersama Schneider Electric di Alila SCBD atas undangan Komunitas Emak Blogger, hari Rabu, 2 Oktober 2024. Penjelasan dari salah satu narasumber, yakni M. Farhan Lucky, selaku Schneider Electric Indonesia Business Vice President, Home and Distribution Schneider Electric Indonesia:

Tanda-tanda listrik yang  memilik instalasi tidak baik, diantaranya adalah :

  1. Memercikan api dari stop kontak ketika mencolok steker
  2. Benda-benda yang terhubung ke sambungan listrik seperti komputer (PC atau Laptop), kulkas, dispenser, saat disentuh terasa ada sengatan listrik halus
  3. Meteran listrik sering anjlok atau turun dan naik-turun arusnya (ditandai dengan lampu yang mendadak mati, lalu hidup lagi sementara kondisi listrik tidak padam dari pusat

Nah, di sini saya langsung kaget, karena beberapa kali melihat sendiri kondisi stop kontak memercikan api ketika saya mencolok steker, entah itu steker smart TV, kipas angin, hairdryer. Aduh, jadi takut deh! Memang tidak semua stop kontak di rumah seperti itu, tapi ada satu yang setiap dicolok steker memercikan api.




M. Farhan Lucky  juga membeberkan kalau mayoritas kasus kebakaran yang terjadi di perumahan diakibatkan oleh masalah kelistrikan. Dari data Dinas Gulkarmat DKI Jakarta menunjukkan hampir 30% dari 2.286 kasus kebakaran pada 2023 terjadi di bangunan perumahan, dengan lebih dari 50% disebabkan oleh masalah kelistrikan. Oleh karena itu, penting bagi setiap rumah tangga untuk memastikan instalasi kelistrikan dilengkapi proteksi andal guna mencegah risiko kebakaran dan kecelakaan.

Ranu Scarvia RF, M.Sn, HDII, Ketua Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) DKI Jakarta, yang juga hadir sebagai narasumber menyetujui bahwa pemilihan material, furniture dan pencahayaan ruangan perlu memenuhi standar keamanan dan keselamatan agar tidak hanya indah namun juga aman.




Pasangan public figure dan influencer Andrew White dan Nana Mirdad yang hadir dalam Innovation Talk sepakat, selain memperhatikan detail setiap interior rumah, juga sangat memperhatikan keamanan atau proteksi  kelistrikan di rumah. Seperti Andrew White yang memaparkan akan pentingnya penggunaan peralatan listrik secara bertanggung jawab. Pemilik rumah wajib memberikan edukasi kepada anggota keluarga dan asisten rumah tangga tentang cara aman menggunakan peralatan rumah tangga, terutama yang terkait dengan listrik dan gas.

Ih, bener banget ini! Selama ini saya dan suami tidak sampai sedetail itu dalam hal kelistrikan. Kami hanya memberikan peringatan pada anak-anak yang kecil agar tidak sembarangan main listrik dengan mencolokkan sendiri, tapi kami tidak paham tanda-tanda instalasi listrik yang tidak baik-baik saja, makanya jadi kurang aman juga ya.

Pilihlah produk kelistrikan dari brand terpercaya dan bersertifikasi IEC serta SNI, pilih material yang berkualitas dan sudah melalui proses pengendalian mutu. Pastikan keaslian produk dengan membelinya di toko resmi. Karena produk kelistrikan berkaitan langsung dengan keselamatan kita, orang-orang di sekitar kita, dan orang-orang yang kita sayangi,” ucap Andrew White.




Nah, point kata-kata Andrew White di sana jadi perenungan saya, instalasi listrik di rumah saya menggunakan brand apakah?

Kenyaman dan Keamanan Rumah Pasangan Nana Mirdad dan Andrew White Bersama Schneider Electrik

AvatarOn dari Schneider Electric

Tahu gak, ternyata Nana dan Andrew yang sangat memperhatikan setiap detail interior rumahnya, sampai penempatan saklar sekalipun, harus selaras dengan konsep desain. Nah,untuk itu keduanya memberi bocoran menggunakan saklar di rumahnya dengan saklar AvatarOn dari Schneider Electric. Kayak apa ya, keistimewaan saklar AvatarOn? Selama ini saya bahkan tidak sampai memikirkan saklar bagian dari interior rumah yang harus selaras.

AvatarOn merupakan sakelar inovasi dari Schneider Electric, yang dapat disesuaikan dengan warna, motif, bahkan mencetak foto atau momen spesial, memberikan sentuhan unik pada setiap ruang. Desainnya yang ramping tanpa bingkai memudahkan pemasangan dan memungkinkan personalisasi yang simpel namun elegan.




Saya sendiri yang melihat langsung, bahkan menyentuh dan mencoba memencetnya, sangat terkagum-kagum. Sakelar yang dulunya dianggap sepele, kini menjadi bagian integral dari keseluruhan estetika ruangan, menyatukan fungsi dengan desain yang stylish dan modern, tanpa mengesampingkan keamanan dan kenyamanan.

Kelebihan AvatarOn:

  1. AvatarOn dilengkapi teknologi 'Slim Rocker, Sure Click' yang meminimalkan risiko percikan api
  2. Pencahayaan LED lembut yang berfungsi sebagai locator saat gelap.
  3. Memenangkan iF Design Award 2017
  4. Sakelar AvatarOn juga menyediakan fungsi tambahan seperti gantungan kunci dan soket USB
  5. Sakelar dapat disesuaikan dengan warna, motif, bahkan mencetak foto atau momen spesial.
  6. Menawarkan kenyamanan ekstra dalam kehidupan sehari-hari.

Beruntung ada inovasi saklar AvatarOn dari Schneider Electric yang frameless dan timeless banget. Jadi lebih estetik. Cover sakelarnya bisa diganti dan dicetak dengan gambar apapun yang kita inginkan. Memungkinkan kami berkreasi tanpa batas,” kata Nana mengenai sakelar AvatarOn.

Memang asli bagus banget, saya sampai mencoba menyalakan dan menghidupkan sakelar AvatarOn. Kebetulan di rumah saya suka meletakkan lukisan, rasanya cocok banget kalau mengganti sakelar di rumah dengan AvatarOn, hehehe. Biar lebih lengkap saya tuliskan ya, beberapa pilihan sakelar AvatarOn yang bisa menjadi pilihan dan pertimbangan kalian untuk mengganti sakelar di rumah.

Varian Sakelar AvatarOn Schneider Electric:

Putih : Warna ini meski terkesan sederhana dan seperti kebanyakan sakelar lainnya, tapi karena kelebihan desain dan juga kecanggihannya, maka AvatarOn Putih cocok untuk dijadikan pilihan di semua ruangan di rumah




Dark Grey : Warna abu-abu gelap yang memberikan kesan modern dan stylish, cocok untuk rumah dengan desain kontemporer.




Dark Wood : Warna kayu gelap yang memberikan kesan natural dan elegan, sangat cocok untuk rumah yang memiliki desain interior klasik, dan timeless.




Wine Gold : Sakelar dengan aksen emas yang sangat menawan, memberi kesan mewah dan glamour. Bisa jadi pilihan untuk rumah dengan semua jenis desain interior, mulai gaya klasik dan modern.





Custom : Membuat bebas memiliki desain interior yang serasi dan personal.




Bagaimana, apakah kalian tertarik juga dengan AvatorOn? Selain sakelar, seperti yang dikatakan Farhan, perlindungan instalasi pelistrikan di rumah sangat utama untuk menghindari bahaya seperti korsleting listrik, kesetrum, dan induksi petir. Schneider Indonesia menyediakan juga produk proteksi kelistirikan mulai dari:




  1. MCB (Miniature Circuit Breaker):  Digunakan sebagai proteksi beban lebih dan korsleting listrik, sehingga terjadi masalah, MCB bisa langsung memutus arus listrik.
  2. ELCB/RCCB :  Berfungsi sebagai pengaman dari risiko kebocoran arus listrik, sehingga bisa melindungi dari bahaya kebakaran akibat arus sisa. RCCB memiliki sensitivitas yang cocok untuk perumahan dan apartemen.
  3. RCBO (Residual Current Circuit Breaker with Overcurrent Protection): Produk dari RCBO adalah Gabungan dr MCB dan RCCB/ELCB yg berguna untuk  melindungi dari beban berlebih, anti setrum, anti korsleting.
  4. SPD (Surge Protective Device): Berfungsi untuk melindungi peralatan elektronik dari bahaya induksi petir. Dengan SPD, barang-barang elektronik aman dari lonjakan arus yang berbahaya.

Selain itu Schneider Electric memiliki produk yang menjadi solusi bagi pemilik kendaraan listrik, yakni Schneider Charger yang mudah dan penggunaan listriknya bisa dipantau secara real-time lewat aplikasi Monta App.. Sehingga pemilik kendaraan listrik dapat mengisi daya sendiri rumah.

Schneider Electric adalah brand terpercaya dan bersertifikasi IEC serta SNI, yang bisa menjadi pilihan kenyaman dan keamanan rumah. So, untuk memiliki semua produknya bisa langsung ke akun e-commerce resmi di Schneider Electric Home.

 

You May Also Like

20 komentar

  1. Waduh..ngeri kali ya..ternyata mayoritas kasus kebakaran yang terjadi di perumahan diakibatkan oleh masalah kelistrikan. Mesti hati-hati nih pilih produk kelistrikan, mending pilih yang bikin rumah nyaman dan listrik aman seperti aneka produk Schneider Electric

    ReplyDelete
  2. Kalau ada rejeki pasang yang RCBO nih rumahku, agar makin terproteksi dengan aman.

    ReplyDelete
  3. Berarti kita harus peka kalau listrik udah mulai kasih tanda-tanda ya, Mbak. Jangan sampai terjadi hal yang tidak diinginkan karena listrik. Rumah yang nyaman udah pasti listriknya aman.

    ReplyDelete
  4. karena ikutan event ini aku jadi paham nih pentingnya kelistrikan di rumah, ya walaupun ujung2nya tetep suamik yang incharge ya tapi setidaknya sebagai istri bisa kasih rekomendasi Schneider

    ReplyDelete
  5. ngeri deh kalau urusan dengan kelistrikan apalagi kalau sampai kebakaran ya mbak, untuk itu harus memperhatikan keamanan rumah juga ya selain dari kenyamannya. Kalau udah aman Insya Allah nyaman juga rumahnya

    ReplyDelete
  6. Serem banget kalau sudah menyangkut masalah kelistrikan, dan tidak boleh diabaikan jika kondisi listrik mulai menunjukkan tanda-tanda kurang beres, sekecil apapun tandanya. Syukurlah Schneider Electric sudah ada solusinya, tidak hanya membuat listrik aman tapi juga menjadikan rumah lebih nyaman.

    ReplyDelete
  7. Wah, inovasi saklar AvatarON dari Schneider Electric sepertinya memang dapat mengakomodasi trend desain interior masa kini dan masa depan yang mencerminkan kepribadian ya.

    Dengan cover saklar yang bisa diganti dan dicetak dengan gambar apa pun yang kita inginkan, memungkinkan kita berkreasi tanpa batas, sementara desainnya juga frameless dan timeless.

    Good job, Schneider Electric!

    ReplyDelete
  8. Molly bisa bgt pake avatarOn soalnya saklarnya udah ada colokan usbnya. mau ngecharge hp dan laptop pun jd mudah.

    ReplyDelete
  9. Jangan sampai deh rumah kebakaran karena kita asal beli alat kelistrikan dan akhirnya korslet seram banget

    ReplyDelete
  10. Masalah listrik termasuk masalah utama untuk keamanan sebuah rumah. Adanya rumah nyaman dan listrik yg aman dapat memberikan rasa tenang pada penghuni rumah.

    ReplyDelete
  11. Pantesan kece saklar avataron ini, ternyata dapat penghargaan iF Design Award 2017. Bisa deh nih jadi rekomendasi buat menjadikan rumah lebih estetik dan menawan dengan saklar yang bisa di kustom

    ReplyDelete
  12. Kita sebagai Moms juga harus paham dan tahu ya, mana aliran listrik aman dan tidak. Apalagi kita kan sering berkutat dg barang-barang elektronik, dari setria, rice cooker, kompor listrik, mesin cuci, dan peralatan dapur lainnya.

    Kalau ada yg gak aman, bahaya bangrt, apalagi sampai mercikiin api.

    ReplyDelete
  13. AvatarOn ini sangat mencuri perhatian ya. Inovasi yang jenius. Menjadikan saklar listrik jadi sangat estetik dan bisa memperindah rumah. Keren sekali

    ReplyDelete
  14. Nah iya, untuk membuat rumah itu, selain memerhatikan desain interior yang menarik juga harus memerhatikan instalasi listrik di rumah tersebut. Dengan menggunakan produk saklar Avataron, rumah bisa lebih estetik dan lebih aman.

    ReplyDelete
  15. Ga cukup ya cuma nyaman dan estetik aja, tapi juga wajib aman kelistrikan ya, biar jauh dari bahaya kebakaran

    ReplyDelete
  16. Dari sinii jadi banyak insight utuk selalu memeriksa instalasi listrik rumah dan memasang peralatan kelistrikan dengan aman

    ReplyDelete
  17. Masalah kelistrikan ini gak bisa dianggap sepele ya..
    Karena uda banyak kasus kebarakan karena konsleting listrik. Dan bersama Schneider Electric Indonesia, rumah nyaman dengan listrik yang aman.

    ReplyDelete
  18. Habis dari sini aku langsung stalking soal Schneider karena excited lihat sakelar yang estetik
    Pokoknya mah rumah aman dan penghuninya tenang juga

    ReplyDelete
  19. Ngeri ngeri sedap kalo dah berurusan sama listrik, untung keamanan listrik di rumah sudah diganti sesuai standar SNI. Alhamdulillah gak was was lagi.

    ReplyDelete
  20. jujur aku gak pernah mikirin kelistrikan, percayakan pada pak suami. Tapi ternyata listrik aman ini salah satu urgensi dalam sebuah rumah ya dan emak-emak wajib melek. Btw, yang Dark wood kece sih mba, aku sukaa

    ReplyDelete